MotoGP: Rossi Jadi Pembalap Tersukses Yamaha
MotoGP: Rossi Jadi Pembalap Tersukses Yamaha

Ceritaunik.net | Tavullia – Pembalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, merupakan pembalap tersukses dalam sejarah tim Yamaha. Sebanyak 56 kemenangan di ajang MotoGP berhasil dicetak Rossi untuk pabrikan asal Jepang.

Terakhir, Rossi mencetak kemenangan di Sirkuit Assen, Belanda. Itu merupakan podium pertama ke-10 selama dia tampil di Negeri Kincir Angin tersebut. Dia lantas menggarisbawahi namanya sebagai pembalap ke-501 yang mampu menyumbangkan kemenangan untuk tim Yamaha di ajang grand prix balap motor.

Kemenangan 501 Yamaha terbagi di lima kelas berbeda, yakni 125cc (47 kemenangan), 250cc (165 kemenangan), 350cc (63 menang), 500cc (120 kemenangan) dan MotoGP (106 menang). Ada tiga sirkuit yang menjadi langganan menang tim Garpu Tala, yakni Assen (37), Brno (32 kali), dan Salzburgring (20).

Kemungkinan catatan itu akan terus diperbaiki mengingat The Doctor akan bertahan bersama Yamaha setidaknya hingga akhir musim MotoGP 2018. Legenda balap motor Italia, Giacomo Agostini menuturkan keberhasilan Yamaha mencetak kemenangan ke-501 merupakan hasil dari kerja keras dan tekad untuk selalu berinovasi dalam pengembangan mesin.

“Saya memiliki kenangan indah tentang tahun-tahun saya bersama Yamaha. Ketika saya meninggalkan MV Agusta dan Italia pada 1974. Saya khawatir, tapi setelah melakukan perjalanan ke Jepang, di mana saya bertemu dengan para manajer dan insinyur, saya menyadari bahwa saya telah menemukan keluarga baru,” kenang Agostini seperti dikutip dari Speedweek, Senin (17/7/2017).

Daftar Pembalap Tersukses Yamaha

“Kami menyiapkan motor untuk Daytona 200 Miles dan saya memenangkan debut saya dan mencetak dua gelar dengan Yamaha. Saya sangat bangga bahwa saya adalah pembalap pertama yang memberi mereka gelar di kelas kerajaan. 501 menang adalah hasil kerja keras, teknologi dan tekad yang hebat. Jangan pernah lupa: Anda di sini untuk menang,” pesan Agostini.

Pembalap Tersukses Yamaha

Valentino Rossi: 56 Kemenangan
Jorge Lorenzo: 44 Kemenangan
Phil Read: 39 kemenangan
Eddie Lawson: 26 kemenangan
Wayne Rainey: 24 kemenangan
Kenny Roberts Sr: 24 kemenangan
Carlos Lavado: 19 kemenangan
Luca Cadalora: 13 Kemenangan
Giacomo Agostini: 12 menang

(David Permana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here