Ceritaunik.net | Inspirasi – Membangun sebuah keluarga adalah tanggung jawab penting orangtua. Meski demikian, tak berarti Anda tak bisa memulai dan membangun bisnis. Bila Anda seorang ibu rumah tangga, kadang menghabiskan pagi Anda menyiapkan sarapan untuk keluarga, menyiapkan bekal makan siang dan menjemput anak.

Kemudian kembali melakukan pekerjaan ibu rumah tangga. Anda menghabiskan hari mungkin dengan si kecil, menjalankan tugas yaitu berbelanja serta mencuci pakaian.

Saat anak  sedang sekolah, Anda mungkin memiliki banyak waktu luang. Apa yang Anda lakukan dengan ini? Harus pergi kembali ke sekolahkah? atau menjadi sukarelawan?

Atau Anda berpikir untuk memulai usaha katering? Membuka usaha katering dapat menjadi peluang bisnis di rumah terutama bagi ibu rumah tangga. Ingin membuka usaha di rumah tanpa menganggu aktivitas dengan anak dan suami? Berikut ide bisnis kecil yang seperti dikutip dari laman Lifehack, Rabu (15/3/2017).

1. Salon Kecantikan

Usai pergi ke salon kecantikan selama bertahun-tahun, mungkin pernah terpikir di benak Anda untuk membuka salon kecantikan. Bila Anda memiliki kesenangan atau gairah untuk menata rambut dan kecantikan, coba ikut kursus singkat di lembaga pendidikan.

Selain itu, Anda juga dapat merekrut karyawan atau penata rambut yang berbakat dan mempekerjakan mereka sebagai karyawan. Dengan memiliki karyawan yang berpengalaman dapat membantu Anda untuk menjalankan bisnis.

Tak lupa untuk belajar dari pengalaman selama ini dari salon langganan Anda. Bahkan Anda bisa menciptakan inovasi saat memulai bisnis salon kecantikan. Mungkin Anda bisa memberikan janji untuk perawatan kecantikan agar pelanggan tidak menunggu lama di salon.

Anda juga dapat memberikan layanan beragam di salon kecantikan yaitu waxing, manicure, pedicure, refleksi dan sebagainya. Jangan lupa untuk mempromosikan salon kecantikan Anda kepada orang lain.

Penyewaan Mobil

2. Penyewaan Mobil

Mungkin saat Anda duduk di bangku kuliah pernah bekerja membagikan brosur soal mobil, atau peralatan rumah tangga. Pengalaman ini dapat membantu Anda saat memulai bisnis untuk menyewakan mobil.

Apalagi kalau Anda memiliki gairah dalam bidang pemasaran dan penjualan. Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki bisa membantu menjalankan bisnis tersebut.  Anda bisa diskusikan dengan pasangan untuk memulai bisnis penyewaan mobil. Setelah mendapatkan izin dan dukungan dari pasangan, Anda bisa mengambil pembiayaan untuk memulai bisnis kecil Anda dengan menyewakan mobil.

3. Desain Grafis

Menguasai desain grafis dapat menjadi keuntungan bagi Anda seorang ibu rumah tangga. Bila Anda ibu rumah tangga tidak kuliah di jurusan desan grafis, Anda bisa ikut kursus dan pelatihan desain grafis.

Anda dapat mencari pekerjaan freelance desain grafis. Dengan bekerja freelance kemungkinan tak ganggu waktu bersama keluarga. Anda bisa bekerja di rumah. Pekerjaan sebagai desain grafis pun memberikan pendapatan yang signifikan.

Usaha katering

4. Usaha Katering

Anda pasti akrab dengan usaha katering, apalagi kalau sering menghadiri banyak acara ulang tahun, pernikahan, wisuda dan acara lainnya. Selain itu, menghabiskan waktu di dapur merupakan hal biasa yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Anda pun punya kesempatan untuk uji coba atau mencoba masak masakan lokal dan internasional. Tak hanya itu coba membuat kue-kue kering untuk hari raya.

Bila Anda punya bakat memasak, ini juga menguntungkan bagi Anda. Untuk memulai usaha ini mencoba dari acara keluarga terlebih dahulu. Anda bisa memasak masakan untuk acara keluarga. Siapa tahu promosi dari mulut ke mulut dapat membesarkan bisnis dan semakin dikenal untuk kateringnya.

5. Desain & Dekorasi

Anda tertarik untuk melihat sebuah desain dan dekorasi di sebuah ruangan atau di mana pun. Anda pun suka untuk dapat membuat desain dan dekorasi itu dalam rumah. Teman dan keluarga juga melihat bakat Anda dalam desain dan dekorasi,

Ini juga bisa jadi ide untuk membuka bisnis desan dan dekorasi. Coba Anda promosikan bakat dan keahliaan kepada keluarga dan teman-teman. Itu sejumlah ide bisnis bagi ibu rumah tangga, siapa tahu itu dapat menjadi inspirasi untuk memulai bisnis. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here