Manfaat Di Balik Deposito, Suku Bunga Dan Resikonya

0
26
Manfaat Di Balik Deposito, Suku Bunga Dan Resikonya
Manfaat Di Balik Deposito, Suku Bunga Dan Resikonya
Manfaat Di Balik Deposito, Suku Bunga Dan Resikonya versi ceritaunik.net

Ceritaunik.net | Manfaat Di Balik Deposito, Suku Bunga Dan Resikonya – Menentukan pilihan dalam berinvestasi merupakan pilihan yang sedikit membingungkan, selain banyaknya pilihan instrumen investasi di pasar investasi yang selalu memberikan angin segar akan keuntungannya membuat kita harus lebih hati-hati dalam memilih berinvestasi. Salah satu dari investasi yang ada adalah deposito.

Banyak dari kita yang sudah mendengar tentang Deposito, akan tetapi jarang dari kita yang tahu apa sebenarnya manfaat dari deposito.

Bagi investor pemula, Deposito adalah produk yang disarankan untuk dicoba. Selain keamanan yang dimiliki deposito, bunga yang diberikan juga kompetitif.

Tetapi tidak hanya itu keuntungan kenapa kita akan mengambil pilihan berinvestasi untuk deposito. Berikut Beberapa hal yang menguntungkan berinvetasi deposito.

Manfaat Suku Bunga

Seperti yang diketahui, deposito dikenal dengan suku bunganya yang kompetitif dibandingkan dengan suku bunga pada produk tabungan. Suku bunga pada deposito jelas lebih tinggi.

Kalau pada produk tabungan, bunga yang didapat akan bermanfaat bagi kita untuk membayar biaya administrasi saja. Dengan kata lain bunga yang didapat hanya cukup untuk membayar biaya administrasi pada Bank. Itupun jumlah uang kita harus berjumlah banyak pastinya.

Sedangkan deposito bisa memberikan bunga tiga kali lipat dari bunga tabungan. Untuk produk Deposito berjangka saja, dalam satu bulan bisa memberikan bunga sebanyak 7,5 persen.

Bunga yang cukup besar untuk sebuah tabungan. Tak heran banyak orang yang menginginkan berinvestasi deposito Karena Bunganya yang cukup besar.

Resiko Deposito Sangat Rendah

Risiko deposito juga terbilang rendah, salah satu pilihan dan pertimbangan kita untuk berinvestasi adalah perhatikan dan pertimbangkan resikonya. Deposito adalah salah satu dari instrumen produk investasi yang mempunyai resiko paling rendah. Dibandingkan dengan valas dan pasar saham jelas deposito mempunyai resiko paling kecil. Resiko dimungkinkan apabila terjadi gejolak politik atau negara mengalami krisis yang sangat ekstrim.

Nilai deposito juga relatif stabil dan bisa dikatakan sedikit sekali terpengaruh dengan gejolak pasar modal dan pasar uang. Bisa dikatakan Deposito adalah produk Investasi dengan resiko paling rendah.

Jaminan Keamanan

Satu lagi manfaat deposito yang bisa dijadikan pilihan bagi investor pemula. Adalah tingkat keamanan uang yang disimpan pada produk investasi deposito. Keberadaan dana pada deposito telah dijamin oleh negara. Hal ini bermaksud agar memberi rasa aman kepada masyarakat.

Negara pun menjamin setiap simpanan nasabah bank sebanyak 2 miliar dengan tingkat suku bunga tertinggi 7,5 persen.

Dari sini dapat dilihat bahwa uang kita akan aman di bank. pemerintah melalui badan keuangannya yang disebut LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) telah ikut menjamin dana kita. Dari sisi keamanan yang dimiliki deposito, berinvestasi deposito dapat menjadi pilihan untuk berinvestasi khususnya bagi pemula.

Akses Terhadap Bunga Deposito

Kemudahan yang lebih menarik dari investasi berupa deposito adalah akses dari suku bunga yang diberikan.

Di sini nasabah bisa mengakses bunga yang diberikan oleh Deposito untuk dapat ditarik secara langsung atau dimasukkan kembali pada deposito sehingga jumlah dana pokok investasi terus bertambah yang menjadikan hasil dari selisih bunga deposito juga terus bertambah.

Kemudahan akses ini bahkan sudah bisa didapat oleh nasabah dengan memanfaatkan sistem Automatic Roll Over atau ARO.

Program ini adalah program yang secara otomatis memasukkan bunga hasil deposito ke dalam deposito, sehingga bunga dan jumlah deposito akan bertambah terus menerus. Maka tidak heran banyak masyarakat yang beralih untuk mencoba deposito sebagai langkah awal berinvestasi.

Deposito Pilihan Aman dan Minim Risiko

Bagi investor pemula ataupun investor yang sudah pernah berinvestasi pilihan investasi yang aman dan menguntungkan adalah hal yang harus menjadi pertimbangan utama. Deposito adalah salah satu produk investasi yang bisa dijadikan pilihan.

Selain produknya yang aman dan terjamin. Deposito juga dapat memberikan keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Dengan belajar dari sesuatu yang kecil, kita dapat mengembangkan investasi ke dalam instrument investasi lainnya.

Yang terpenting yang harus selalu diingat adalah keamanan terhadap dana yang diinvestasikan, seperti halnya disampaikan oleh Warren Buffet seorang Investor dunia ternama. Bahwa keamanan adalah faktor krusial dalam sebuah pilihan berinvestasi.

Dibaca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here