Asal Mula Kucing Hitam yang Menjadi Simbol Horor dan Magis

Asal Mula Kucing Hitam yang Menjadi Simbol Horor dan Magis

Asal Mula Kucing Hitam yang Menjadi Simbol Horor dan Magis

Spread the love

Cerita Unik ‘Horor’ – Asal Mula Kucing Hitam yang Menjadi Simbol Horor dan Magis.

Suka atau tidak suka dalam kehidupan kita, kerap kali kita berbenturan dengan hal yang bersifat mistis atau gaib, yang dimensinya sulit untuk dijangkau dengan pemikiran yang tak masuk diakal. Sering kita jumpai dalam sebuah tayangan film horor, selalu menghadirkan seekor kucing hitam sebagai latar atau figuran. Aksesoris kucing hitam sering kali muncul dalam acara yang berkaitan dengan dunia mistis. Contohnya saat menjelang Halloween, simbol kucing hitam dijual dalam bentuk boneka kecil atau gantungan kunci. Binatang dengan mata yang menyala waktu malam hari ini selalu dikaitkan dengan simbol horor dan magis.

Sebagian masyarakat percaya bahwa kehadiran kucing hitam selalu diidentikkan dengan datangnya bangsa hantu. Biasanya kucing hitam tak datang di sembarang tempat dan waktu. Hanya saja tempat-tempat sepi saja menjadi tempat kesukaan munculnya kucing hitam.

Kepercayaan akan kucing hitam bermula dari sejarah di jaman Babylonia kuno tempo dulu. Saat itu kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesaji lainnya. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam ditengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal saat itu ular merupakan lambang dari kejahatan.

Pemahaman ini terus berkembang hingga abad pertengahan. Di Jerman, ada kepercayaan bahwa apabila ada seekor kucing hitam yang lompat ke tempat tidur orang yang sedang sakit, kematian akan datang pada orang tersebut. Lain lagi dengan kepercayaan dari orang Normandia, mereka percaya apabila dalam perjalan anda melihat seekor kucing hitam yang sedang menyebrang ditengah bulan purnama, mereka percaya bahwa anda akan terserang suatu epidemik.

Di negara Filandia, masyarakat disana percaya bahwa kucing hitamlah yang membawa jiwa manusia ke alam baka. Di negara China, kehadiran seekor kucing hitam merupakan pertanda bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin. Ceritanya sedikit berubah di tempat lain, di negara India, jiwa yang bereinkarnasi dapat dibebaskan dengan melempar kucing hitam ke api. Terdapat satu legenda dari Bengali bahwa ada seorang wanita yang dapat merubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam dan kucing hitam yang disakiti akan menyakiti wanita tersebut.

Masyarakat Celts percaya bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan. Druids pada masa Inggris kuno percaya bahwa kucing merupakan jelmaan seseorang yang berbuat jahat di masa lalunya kemudian dihukum menjadi seekor kucing hitam. Oleh karena itu, para Druids, karena merekalah yang telah menghubung-hubungi kucing hitam dengan halloween, hantu dan para penyihir.

Ada juga kepercayaan mengatakan bahwa kucing hitam ini merupakan salah satu penyamaran para penyihir. Walaupun tidak ada saksi yang pernah menyaksikan ada penyihir yang berubah menjadi seekor kucing hitam dan berubah kembali menjadi seorang penyihir, Akan tetapi mereka mengatakan bahwa suatu ahti mereka yang menyakiti seekor kucing hitam dan kucing hitam itu terluka, dan keesokan harinya mereka menemukan luka yang sama ditempat yang sama dengan kucing itu terluka pada seorang wanita.

Kepercayaan lain mengatakan bahwa kucing hitam merupakan partner para penyihir untuk menyelesaikan their evil deeds. Mereka akan terbang dengan sapu lidi mereka dan membuat keributan tetapi kepercayaan yang satu ini diakhiri dengan memberikan mereka permen-permen yang manis untuk mengantisipasi para penyihir itu agar tidak membuat keributan.

Untuk percaya atau tidak, apakah kucing hitam ada hubungannya dengan dunia spiritual itu tergantung dengan kepercayaan anda sendiri.

Sekian dari cerita mistis ‘asal mula kucing hitam yang menjadi simbol horor dan magis‘.

Leave a Reply