Pola Tidur Tak Teratur Pengaruhi Kesuksesan Seseorang
Pola Tidur Tak Teratur Pengaruhi Kesuksesan Seseorang

Ceritaunik.net | Jakarta – Menurut sebuah studi baru-baru ini, pola tidur yang tidak teratur akan memengaruhi Anda lebih daripada yang bisa Anda bayangkan. Peneliti menemukan bahwa mereka yang terbiasa tidur pada jam yang sama lebih berhasil ketimbang mereka yang tidur pada waktu berbeda setiap malam.

Para ilmuwan dari Rumah Sakit Wanita dan Brigham telah menemukan kesamaan pentingnya memiliki pola tidur yang teratur dengan memiliki cukup tidur. Studi kecil tersebut mengukur ritme tidur dan sirkadian pada 61 mahasiswa Harvard College selama 30 hari menggunakan buku catatan, kemudian data tersebut dibandingkan dengan kinerja akademis mereka.

Peneliti menemukan bahwa mahasiswa dengan pola tidur paling tidak teratur memiliki nilai rata-rata lebih rendah daripada yang lain. Tidak hanya itu, tapi mereka yang tidur pada waktu yang sama setiap malam, lebih mungkin untuk langsung bangun di pagi dan tidur lebih cepat di malam hari.

Penyebab mereka yang tidur pada waktu yang berbeda adalah melatonin yang tidak beraturan. Melatonin merupakan hormon yang membuat kita ingin tidur.

“Hasil kami menunjukkan bahwa tidur dan bangun pada waktu yang hampir bersamaan sama pentingnya dengan kecukupan tidur,” kata peneliti di Divisi Penyakit Tidur dan Jam Tubuh, Dr Andrew JK Phillips seperti dikutip dari Hindustantimes.

Menariknya, walau tiap mahasiswa memiliki jam tubuh yang bervariasi, namun semuanya tidur dalam jumlah waktu yang sama. Dengan kata lain, meski ada beberapa mahasiswa yang jadwal tidurnya tidak teratur, ternyata tetap butuh jam tidur dengan waktu yang sama.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here