unik
Ilustrasi bom nuklir

Ceritaunik.net | Unik – Siapa sangka, sejumlah hal yang dianggap umum dalam kehidupan sehari-hari, memiliki peran yang begitu krusial dalam peradaban manusia. Tanpa disadari, eksistensi sejumlah hal itu, amat signifikan dalam sejumlah momen kehidupan di Bumi

Lebah misalnya. Meski kecil dan nampak tak penting dalam skenario global, ketiadaan hewan mungil itu akan berdampak buruk pada proses penyerbukan bunga di sebuah ekosistem.

Pada akhirnya, pasokan pangan dunia terganggu, produksi kopi dan pakaian berbahan katun terhenti, ekonomi dunia kacau-balau, peradaban manusia pun di ujung tanduk.

Atau, sebuah organisasi internasional yang tak dianggap penting tapi krusial dalam penanganan pandemi penyakit yang menyebar di permukaan Bumi.

Bisa pula sebuah perusahaan bisnis yang menguasai arus perdagangan suatu produk secara tunggal di dunia, dan memiliki kapabilitas untuk melakukan pengaturan harga, sesuai kehendak mereka.

Seperti yang Ceritaunik.net rangkum dari Wonderslist.com (19/7/2017), berikut, 8 hal yang memiliki ‘kekuatan’ tersembunyi dan juga cukup berpengaruh di dunia.

1. Kucing Liar

Kucing Liar

Mengapa kucing liar masuk dalam daftar ini? Sebab, diduga mereka dianggap bertanggung jawab atas kepunahan 33 spesies sepanjang sejarah kehidupan di Bumi.

Di beberapa benua, kucing liar dianggap sebagai salah satu predator paling berbahaya. Hewan berkaki empat itu hidup di setiap benua, kecuali Antartika, dan perkiraan populasi global mereka mencapai 600 juta ekor.

Menurut sejumlah ilmuwan, kucing liar juga diduga sebagai alasan nomor satu atas kematian sejumlah mamalia, seperti berbagai varian kelinci, dan penyebab utama kepunahan beberapa spesies burung.

2. Ritsleting

Ritsleting dipakai setengah

Benda multifungsi serba guna ini hadir di setiap kehidupan peradaban manusia moderen, seperti di celana, tas, dompet, baju, dan lain sebagainya. Dan, hampir sebagian besar ritsleting yang ada pada benda itu, memiliki logo produksi berupa tulisan yang serupa, YKK.

Ternyata, YKK merupakan singkatan dari sebuah perusahaan Jepang bernama Yoshida Kogyo Kabushikikaisha, yang memproduksi 90 persen ritsleting di Bumi.

Sejak berdiri pada 1934, hampir seluruh perusahaan pengguna ritsleting di dunia menggunakan produk YKK.

Dan hampir seluruh perusahaan yang menggunakan produk asal Jepang itu tak pernah mengganti pemanufaktur ritsleting, sejak mereka berdiri hingga sekarang.

3. WHO

Masalah gizi ibu dan anak menjadi perhatian dalam sidang paripurna World Health Assembly (WHA) di Gedung PBB Jenewa.

Pada tahun 2002, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan sebuah laporan riset yang menyatakan bahwa, kadar asupan gula manusia tak boleh melebihi dari ambang batas maksimal 10 persen dari seluruh total kalori per-hari.

Laporan itu memicu protes dari sejumlah produsen makanan raksasa di seluruh dunia yang mengandalkan glukosa sebagai komposisi atau daya tawar utama produk mereka, seperti di antaranya, dua merek minuman bersoda yang telah banyak dikenal.

Para perusahaan itu memprotes laporan yang dirilis oleh WHO, karena dianggap mampu membuat neraca penjualan perusahaan di seluruh dunia mengalami penurunan secara signifikan.

Contoh kasus tersebut, di samping sejumlah keterlibatan WHO pada penanganan sejumlah pandemi penyakit global, membuat lembaga yang bernaung di bawah payung PBB itu dianggap sebagai kekuatan paling berpengaruh di dunia.

4. American Psychiatric Association

Rasa takut ini muncul ketika kamu berkonsultasi pada psikiater

Lembaga yang disingkat sebagai APA itu, melalui penetapan Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-MD)-nya, bertanggung jawab atas seluruh pendefinisian dan acuan diagnosis penyakit psikis yang digunakan oleh para psikiater dan psikolog di seluruh dunia.

Menurut estimasi WHO, pendefinisian yang dikonseptualisasikan oleh APA menjadi dasar acuan atas diagnosis para ahli untuk 350 juta orang di mancanegara.

Tak hanya itu, penetapan DSM-MD APA mampu mempengaruhi kebijakan sistem asuransi dan pendanaan kesehatan di hampir sebagian besar negara di dunia.

5. Luxotica

Proyek tersebut diberi nama `Ray-Ban Shama Shades` yang juga merupakan bagian dari proyek pelajar di Miami Ad School, San Francisco

Perusahaan asal Italia itu merupakan produsen dari hampir 80 persen kacamata yang ada di dunia.

Tak hanya itu, perusahaan tersebut diduga mampu melakukan price fixing (penetapan harga) atas sejumlah produk kacamata dunia.

Maka tak heran, beberapa merk kacamata seperti Ray Ban, Oakley, Coach, Armani, Chanel, Versace, atau Oliver People, yang sejatinya merupakan subsidiari dari Luxoticca, merupakan sejumlah produk yang memiliki harga selangit.

6. AARP

Gedung Putih

AARP merupakan firma pelobi dari Washington, DC, yang menangani sejumlah isu mulai dari sosial hingga politik.

Di sektor politik, disinyalir, pengaruh lobi politik AARP hadir pada sejumlah kebijakan dalam maupun luar negeri pemerintah AS.

Sektor politik firma itu juga diduga mendanai sejumlah kandidat pemimpin di berbagai wilayah di dunia.

Diduga, 40 juta atase pelobi dan anggota sektor politik AARP yang tersebar di seluruh dunia, terlibat dalam pemilu, proses legalisasi undang-undang, kampanye putih maupun hitam, hingga diduga, propaganda untuk pencorengan nama baik pejabat pemerintah suatu negara.

7. Burung Pemakan Bangkai

Seekor burung bangkai menerima perawat oleh petugas di sebuah klinik hewan, Tel Aviv, Israel, (29/1). Seekor burung ditangkap di Lebanon karena diduga mata-mata Israel dilepaskan setelah penjaga perdamaian dari PBB turun tangan

Hewan itu berperan mengkonsumsi sekitar 70 persen bangkai yang ada di muka Bumi. Dan kebanyakan bangkai yang dilahap oleh burung tersebut merupakan daging yang telah terkontaminasi oleh bakteri patogen penyebab penyakit berbahaya.

Sehingga, burung bangkai dianggap bagian dari ekosistem yang berperan besar dalam menekan penyebaran penyakit berbahaya di muka bumi, seperti antraks, kolera, rabies, dan salmonella.

8. Jamur

Simak disini cara terbaik memasak dan mengonsumsi jamur

Di masa modeen, jamur dikenal sebagai organisme yang berkontribusi dalam produksi antibiotik penting pertama di dunia, yakni penisilin. Sebelum adanya penisilin yang diproduksi oleh jamur, sekitar 10 juta manusia meninggal akibat penyakit infeksi.

Tak hanya itu, jamur juga bertanggungjawab sebagai pionir penyebaran tumbuhan di Bumi pada 600 juta tahun lalu. Jamur juga berperan dalam berbagai proses fermentasi bahan makanan, seperti anggur merah, keju, maupun roti.

Jamur juga membantu proses dekomposisi dan pembusukan, membantu proses pencernaan manusia, dan sejumlah hal positif dalam ekosistem Bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here