tempat wisata
Pulau Dodola, Surga Diving Tersembunyi Yang Ada di Timur Indonesia

Ceritaunik.net | Indonesia – Anda penggemar diving? Di Provinsi Maluku Utara bagian Timur Indonesia merupakan salah satu surga tersembunyi bagi para penyelam.

Sebanyak 28 titik spot diving bahkan lebih dengan gugusan terumbu karang nan indah bisa ditemukan di sini.

Namun, ada salah satu lokasi unik di Pulau Morotai yang sayang apabila dilewatkan, namanya adalah Pulau Dodola. Pulau ini terletak di sebelah barat Pulau Morotai dan penuh dengan keindahan biota laut.

Perjalanan dimulai dari Tobelo menuju Pelabuhan Daruba, yang kemudian dilanjutkan menggunakan speedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Menurut info yang didapat Tribunnews, biaya sewa kapal speedboat untuk sampai ke spot Pulau Dodola dibanderol Rp 500 ribu per 15 orang kuota.

Dibaca Juga :

Di laut ini ada berbagai jenis ikan warna-warni, khususnya ikan buas hiu Black Tip. Tapi, tidak perlu khawatir, karena ikan ini tidak menyerang manusia.

“Spot paling diincar ya di sini karena karangnya masih hidup. Menurut Data Dive Center, kepadatan per radius spot Dodola lebih bagus ketimbang Bunaken (Sulawesi Utara),” kata Zulham (31), pemandu diving asal Ternate, Jumat (21/7/2016).

Tidak sampai di situ saja, Anda bisa menemukan bangkai kapal dan pesawat tempur yang sudah karam bekas masa penjajahan Perang Dunia II yang berlokasi di dasar laut.

Pesawat ini diduga merupakan jenis Bristol Beuford buatan Australia yang tenggelam di kedalaman 40 meter. Di Wawama dan Totodaku terdapat pesawat sekutu dan jip, Di Mitia terdapat kapal karam. Sedangkan di Buho buho dan dekat Dodola terdapat pesawat tempur.

“Kedalamannya lebih dari 30 meter, harus penyelam yang sudah berlicensi untuk bisa melihat sepeninggalan tersebut,” terang pria yang karib disap Zul tersebut.

Diving di perairan Dodola bagian dari puncak kegiatan tim ekspedisi Terios 7 Wonders Moluccas yang menjelajahi tiga pulau legendaris di Maluku Utara di antaranya Ternate, Halmahera, dan Morotai.

Sejak Kamis (20/7/2017), rombongan sudah tiba dengan empat unit Terios R Adventure yang terdiri dari 1 Terios MT dan 3 TeriosAT.

PT Astra Daihatsu Motor juga melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan bantuan moril pada masyarakat Kepulauan Morotai.

Hal ini berkaitan dengan tingkat garis kemiskinan di Kepulauan Morotai yang masih mencapai 60 persen lebih.

Acara tahunan ini rencananya tahun depan akan dilaksanakan di Papua, Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here