Unik, Pembangkit Listrik Tenaga Surya Ini Dirancang Serupa Panda

0
21
Unik
PLTS berbentuk panda yang berada di Tiongkok

Ceritaunik.net | Unik – Negara yang memiliki pembangkit listrik tenaga surya mungkin telah menjadi hal yang biasa. Namun bagaimana jadinya jika pembangkit tenaga listrik itu didesain secara unik, seperti yang baru saja dilakukan oleh Tiongkok.

Dikutip dari Telegraph, Sabtu (8/7/2017), Tiongkok baru saja membangun komplek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Datong, Shanxi. Uniknya, komplek dengan luas 100 hektar ini akan didesain menyerupai panda.

Nantinya, komplek ini dapat menghasilkan daya hingga 100MW. Dengan daya sebesar itu, pembangkit ini dapat menyediakan listrik ramah lingkungan hingga 3,2 miliar kWh untuk 25 tahun.

Tiongkok tak sendirian dalam pengembangan pembangkit listrik ini. Dalam pengembangan proyek ini, negeri tirai bambu itu didukung pula oleh United Nations Development Programme (UNDP).

Melalui proyek yang dirintis sejak tahun lalu ini, UNDP ingin mengajak anak muda untuk mengenal lebih dekat pengembangan sumber daya berkelanjutan.

“Mendesain pembangkit yang dibentuk menyerupai panda dapat menginspirasi orang muda untuk membuat mereka lebih tertarik pada penerapan teknologi tenaga surya,” ujar CEO Panda Green Energy, Li Yuan.

Karenanya, proyek ini juga merekrut banyak orang muda dari seluruh Tiongkok untuk berpartisipasi dalam perkemahan di sekitar pusat pembangkit listrik. Mereka akan diberikan materi mengenai pentingnya energi hijau atau terbarukan.

Meski mulai dikembangkan di Tiongkok, pembangkit listrik ini rencananya juga akan dibangun di negara lain, seperti Fiji dan Filipina. Menurut rencana, bangunan serupa juga akan dibangun di seluruh dunia dengan target 100 unit dalam lima tahun ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here